Akibat dan Bahaya bila terlalu banyak Makan


Sehat Itu Penting | Makanlah dikala lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Makanlah secukupnya serta tidak berlebih-lebihan. itulah kata kata yang di ucapkan Rasulullah kepada kita semua pernyataan berikut mengingatkan kita agar jangan makan terlalu kenyang. berbagilah kepada sesama karna masih banyak orang yang kelaparan di luar sana .

Islam adalah agama yang sempurna di dalamnya terdapat petunjuk dan pedoman hidup agar bahagia semua aspek kehidupan diatur dalam Islam. Sekalipun dalam urusan makan.
Rosululloh sholallohu alaihi wasallam bersabda: ”Orang yang paling banyak kenyang di dunia adalah yang paling lama lapar di akhirat.” (HR Al Bazzar). 
BERIKUT AKIBAT DAN BAHAYA BILA TERLALU BANYAK MAKAN :

Menyebabkan obesitas (kegemukan)
Obesitas merupakan peningkatan massa jaringan lemak pada tubuh karena asupan energi lebih besar dari pada energi yang dikeluarkan. Penyebabnya adalah pola makan dan aktivitas fisik. Orang yang kelebihan makan, sementara aktivitas fisiknya sedikit, jelas akan mengalami obesitas.

Menyebabkan kolesterol darah tinggi
Kolesterol dibutuhkan untuk fungsi tubuh yang normal dan merupakan sumber kalori tubuh. Hepar (hati) memproduksi kolesterol yang cukup untuk kebutuhan tubuh sehingga pada dasarnya kita tidak perlu mengkonsumsi kolesterol. Bila kadar kolesterol darah tinggi, prinsip utama mengatasinya adalah dengan mengatur pola makan, mempertahankan berat badan normal, mengurangi kadar lemak darah, dan melakukan aktivitas fisik yang cukup.

Menyebabkan mudah lupa (pikun)
Studi yang dilakukan di Mount Sinai School of Medicine menunjukan bahwa penderita penyakit Alzheimer (penyakit utama penyebab kepikunan) mengalami peningkatan kadar peptid beta amyloid. Peptid ini menyebabkan pembentukan plak di otak (ciri utama penyakit Alzheimer) serta mengaktifkan SIRT 1 (kelompok protein yang mempengaruhi sejumlah fungsi tubuh seperti metabolisme dan aging).

Studi ini menunjukan bahwa peptid beta amyloid di otak dapat dikurangi dengan membatasi asupan kalori. Sebaliknya, makanan tinggi kalori dan lemak jenuh tampak meningkatkan kadar peptid beta amyloid.

Menyebabkan Kadar gula naik. 
Ini menyebabkan tubuh memproduksi hormon insulin secara besar-besaran. Hal ini juga menyebabkan tubuh lebih pandai menyimpan lemak daripada menggunakannya. Akibatnya tubuh membengkak. Lemak tubuh akan lebih banyak daripada protein sehingga tubuh kekurangan glukosa yang menyebabkan kencing manis.

0 Response to "Akibat dan Bahaya bila terlalu banyak Makan"

Posting Komentar