Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh
Sehat Itu Penting | Apa kalian suka berenang berapa kali dalam seminggu anda melakukan nya  taukah anda jika berenang di lakukan dengan baik maka hasil nya sangat luar biasa bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita .

Berenang akan membuat seluruh otot tubuh bekerja sehingga meningkatkan kekuatan otot dan kekuatan kardiovaskular dengan demikian tubuh akan menerima asupan yang maksimum melalui berenang.berikut beberapa manfaat dari berenang :

Mencegah Obesitas
Berenang adalah latihan yang sangat bermanfaat untuk mengurangi berat badan dan menghilangkan obesitas. Kegiatan ini akan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh kita, karena lebih banyak bagian tubuh yang berbeda yang ikut dalam proses tersebut. Anda bahkan bisa membakar hingga 800 atau 900 kalori hanya dalam satu jam berenang. Banyak orang yang mengikuti berenang untuk tetap fit dan ramping 

Meningkatkan tinggi badan 
Anak-anak dan remaja yang dalam masa pertumbuhan akan mendapat hasil yang luar biasa dengan berenang karena olahraga ini akan membantu membangun otot dan membantu pertumbuhan tulang. Anak-anak yang berenang secara rutin telah diketahui tumbuh lebih tinggi daripada penambahan berat badan berlebih 

Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru
Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Artinya, berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air.

Kebugaran Jantung
Olahraga renang juga berfungsi untuk melatih kekuatan jantung, Renang membantu melancarkan sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengirimkannya keseluruh bagian tubuh. Olahraga ini merupakan aerobik untuk melatih kardiovaskular. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang rutin latihan renang selama 12 minggu memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa / stroke valume sebesar 18 %.

Mengurangi Resiko Asma
Manfaat renang bagi tubuh yang terakhir adalah mengurangi resiko asma, hal ini dikarenakan renang sangat membantu dalam melatih pernapasan sehingga paru-paru menjadi lebih sehat dan lebih teratur.

Mengurangi Resiko Arthritis
Arthritis merupakan peradangan menyakitkan pada sendi yang mengakibatkan kekakuan sendi. Renang merupakan olehraga yang paling dianjurkan untuk mengurangi resiko Arthritis. Hal ini karena renang merupakan olahraga yang menggerakkan semua bagian tubuh namun tidak terlalu memberi beban dan ketegangan pada sendi. Pada saat berenang berat beban anda akan menjadi ringan daripada saat tidak berada di dalam air. Rheumatoid Arthritis merupakan salah satu tipe Arthritis yang memerlukan terapi renang untuk mengurangi rasa sakit pada sendi. Para ahli lebih menganjurkan penderita Rheumatoid Arthritis untuk rutin berenang daripada harus mengonsumsi obat-obatan.
Tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk kesehatan, anda hanya perlu membiasakan berolahraga setiap hari nya Kesehatan akan anda dapatkan, beberapa penyakit tak akan menghampiri anda.
Berikut Beberapa gaya renang yang bisa di lakukan antara Lain :

Gaya Bebas
Yaitu melakukan posisi renang dengan badan menghadap kepermukaan air. Tangan dikedepankan dan diayuh secara berulang dan bergantian, dan kaki dicambukan pada air untuk mendorong badan agar bisa maju kearah yang diinginkan. Wajah juga menghadap pada air atau bahkan ditenggelamkan dan beberapa melakukan pengambilan nafas. Gaya ini biasanya gaya yang sering diajarkan terlebih dahulu sebelum gaya yang lainnya.

Gaya Dada
atau biasa kita sebut juga dengan gaya katak. yaitu, kaki menendang air kearah luar dan tangan lurus kedepan sambil mengayuh dengan cara menutup lalu membuka lebar.pokoknya sama seperti katak yang sedang berenang dalam air. gaya dada ini sangat bermanfaat seskali untuk kita. Contoh manfaat berenang gaya dada adalah dapat melatih kekuatan dada serta pinggul kita, untuk cowo bisa memperlebarr bahu supaya terlihat lebih keren, dan bisa juga membantu mengencangkan otot- otot tubuh kita. Selain itu gaya dada ini termasuk gaya yang disenangi oleh pemula.

Gaya Punggung
Yaitu melakukan gerakan renang dengan badan membelakangi air atau seperti kita tidur diatas air. tangan mengayuh secara bebas kearah belakang dan kaki mencambuk air, gerakannya hampir sama dengan gaya bebas hanya saja dilakukan secara terbalik.

Gaya Kupu - kupu yaitu gerakan yang dilakukan dengan cara membuka kedua belah tangan secara bersamaan kearah luar dan kediua kaki menghentahan air secara bersamaan juga. sama seperti putri duyung jadi kedua kaki gak berpisah. Tapi secara keselurah gerakan mirip sekali dengan kupi - kupu yang sedang terbang.

berikut Video cara Berenang yang baik dan sesuai :



2 Responses to "Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh"

  1. thanks infonya gan, dan jangan lupa kunjungi kembali website kami ya gan ^^

    BalasHapus