Gado - Gado Makanan Sehat dan Bergizi

Sehat Itu Penting | Gado-gado adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa dengan bahan utama sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk .

manfaat makanan gado gado






















Berikut Bahan Bahan sehat dan bergizi yang terkandung dalam makanan Gado Gado :

Kol | Kubis
Kubis mengandung sifat melawan kanker, termasuk lupeol, sinigrin, diindolylmethane (DIM), indole-3-carbinol (I3C), dan sulforaphane, yang dapat membantu pertahanan enzim dan menghambat pertumbuhan tumor. Senyawa sulforaphane dan I3C dalam kubis, keduanya telah terbukti meningkatkan efek anti kanker dari Taxol obat kemoterapi.

Tahu
Tahu dapat menurunkan kolesterol, tahu juga terbukti dapat mencegah kanker payudara. Mereka yang mengonsumsi tahu 25 persen lebih banyak mengalami peningkatan pembentukan estrogen dibanding yang tidak. Pada tahu terdapat berbagai macam kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin, vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium yang bermanfaat mendukung terbentuknya kerangka tulang.

Kacang Tanah
Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya, manfaat yang terkandung dalam kacang tanah untuk Membantu Meningkatkan Kesuburan, Bantu dalam Peraturan Gula Darah, Membantu Mencegah Batu empedu, Membantu Tingkat Kolesterol Rendah, Menurunkan Risiko Penyakit Jantung.

Tauge
Salah satu manfaat tauge adalah dipercaya bisa meningkatkan kesuburan. Bagi penderita hipertensi, tauge juga dipercaya mampu mengatasi salah satu penyakit degeneratif tersebut. Selain itu, tauge juga diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Manfaat tauge lainnya juga bisa untuk mencegah osteoporosis, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, baik untuk kecantikan, membantu mencegah kanker payudara, mengatasi gangguan menjelang menstruasi dan lainnya

Kangkung
Kangkung adalah salah satu sayuran sehat yang banyak sekali manfaatnya. Kangkung mengandung zat seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, hentriakontan, dan sitosterol. Berdasarkan penelitian, Kangkung juga menghasilkan indikasi manfaat untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan yang bersifat antiracun.

Wortel
Wortel terutama kaya akan anti-oksidan, vitamin dan serat, dan hanya mengandung 41 kalori per 100 g. Jadi wortel rendah lemak dan kolesterol. dengan kandungan anti-oksidan wortel dapat membantu melawan kanker dengan menghancurkan sel-sel pembentukan kanker di tumor .dan juga kandungan Vitamin A, B, C yang sangat baik untuk penglihatan, reproduksi pria, pemeliharaan epitel, pertumbuhan dan perkembangan , dan berguna sebagai co-faktor untuk enzim selama tubuh melakukan metabolisme substrat . 

Cabe Rawit
Cabai mengandung senyawa seperti alkaloid, capsaicin, yaitu yang memberikan rasa pedas yang kuat. Penelitian awal laboratorium pada hewan percobaan menunjukkan, bahwa capsaicin memiliki anti-bakteri, anti-karsinogenik, memiliki sifat analgesik dan anti-diabetes. Hal ini juga dapat mengurangi kadar kolesterol HDL pada orang kegemukan

Genjer
Sayuran genjer kaya akan serat sehingga menjaga saluran cerna, jika rajin mengkonsumsi sayur ini dipercaya kangker kolon dan sembelit akan jauh dari anda.

Kesehatan Kardiovaskuler & Jantung
Terdapat pula kandungan pada kacang panjang yang menyehatkan jantung, sehingga membuat terhindar dari masalah penyakit jantung, kandungan vitamin K yang tinggi dalam nutrisi sayuran kacang panjang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah, yang merupakan faktor umum dalam penyakit arteri koroner dan gagal jantung. Penelitian terbaru menunjukkan salah satu kategori vitamin K yakni vitamin K2, yang dikombinasikan dengan vitamin D dapat mecegah pengapuran pada arteri koroner sehingga mencegah penyakit kardiovaskular.

Resep dan cara membuat Gado Gado |


1 Response to "Gado - Gado Makanan Sehat dan Bergizi"