Bahaya Penyakit Asma

Sehat Itu Penting | sebelum nya dalam artikel Sehat Itu Penting saya pernah menjelaskan tentang apa itu penyakit Lupus dan untuk kali ini saudaraku saya akan membahas tentang apa itu penyakit Asma atau penyempitan saluran pernapasan, Menurut data WHO pada tahun 2011 kematian akibat asma.

di Indonesia mencapai 14.624 jiwa berarti asma menyebabkan sekitar 1% total kematian di Indonesia sekitar 1.1% populasi Indonesia menderita asma. Jadi walau bisa tergolong penyakit yang jarang asma tetap perlu diwaspadai agar serangannya terkontrol dan tidak dibiarkan mencapai tahap yang membahayakan nyawa.


Definisi Asma 
Asma merupakan penyakit jangka panjang yang dapat menyebabkan penderitanya sulit bernapas, batuk-batuk, dan mengalami mengi ketika kambuh. Pada tiap orang tingkat keparahan penyakit ini berbeda-beda dan umumnya dapat dikendalikan dengan baik. Asma terjadi ketika saluran napas atau bronkus mengalami radang. bronkus yang berbentuk seperti tabung kecil ini berfungsi untuk membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru. bronkus penderita asma pada umumnya lebih sensitif dari orang-orang lain dan lebih gampang mengalami radang.

Faktor yang menjadi pemicu umum penyakit asma
Pengertian pemicu di sini adalah segala sesuatu yang dapat mengiritasi saluran napas yaitu apa pun yang nantinya mengarah kepada munculnya gejala asma Pemicu umum asma pada tiap penderitanya berbeda beda.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi pemicu umum asma diantaranya bulu hewan, udara dingin, debu, asap rokok, serbuk sari, infeksi paru-paru, dan olah raga. Beberapa aktivitas tertentu seperti pekerjaan juga dapat memperburuk asma. 

Faktor pemicu serangan asma
Ada beberapa pemicu gejala asma namun pemicu tersebut berbeda bagi tiap penderita. Jika sudah mengetahui apa pemicu asma Anda cobalah untuk menghindarinya. berikut ini adalah sejumlah pemicu asma:
  • Alergen, seperti bulu hewan, tungau debu, dan serbuk sari.
  • Infeksi paru-paru dan saluran napas yang umumnya disebabkan oleh virus flu dandemam.
  • Obat-obatan seperti obat anti inflamasi non steroid (obat pereda sakit) seperti aspirin dan ibuprofen. Sebagai catatan, aspirin sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak di bawah usia 16 tahun.
  • Iritasi udara, seperti uap kimia, asap rokok, dan polusi udara.
  • Faktor cuaca, seperti cuaca dingin, cuaca berangin, cuaca panas yang didukung kualitas udara yang buruk, cuaca lembab, dan perubahan suhu yang drastis.
  • Makanan atau minuman yang mengandung sulfit (zat alami yang kadang-kadang digunakan sebagai pengawet makanan) seperti selai, udang, makanan olahan, makanan setengah matang, minuman sari buah kemasan, dan beberapa wine tertentu yang hanya memicu orang-orang yang rentan.
  • Olahraga | kadang-kadang gejala asma menjadi lebih buruk saat penderitanya melakukan olah raga.
  • Kondisi dalam ruangan, seperti ruangan yang lembab atau berjamur, bahan lantai, bahan kimia karpet, dan tungau debu.
  • Faktor-faktor emosi seperti stres atau tertawa.
  • Alergi makanan tertentu yang disebut juga sebagai reaksi anafilaksis. Contohnya adalah penderita asma yang alergi terhadap kacang-kacangan. Reaksi anafilaksis dapat memicu serangan asma yang lebih buruk pada penderitanya

Gejala Umum Asma
Gejala asma berkisar dari yang ringan sampai parah gejala asma yang memburuk secara signifikan dikenal sebagai serangan asma. Ada beberapa gejala asma diantaranya:
  • Batuk-batuk yang biasanya terjadi di malam hari dan di awal pagi hari.
  • Sulit bernapas yang membuat penderitanya mengap-mengap.
  • Dada yang terasa sesak.
  • Mengi, yaitu suara yang dihasilkan ketika udara mengalir melalui saluran napas yang menyempit.
  • Serangan asma yang dipicu oleh paparan alergen atau aktivitas fisik.
Penderita bisa saja mengalami salah satu atau lebih dari gejala-gejala tersebut. Gejala yang memburuk di malam hari atau ketika seseorang melakukan aktivitas fisik bisa mengindikasikan bahwa asma yang dideritanya makin parah dan tidak terkontrol. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami hal ini.

Serangan asma parah biasanya terjadi secara perlahan-lahan, meski sebagian kecil penderitanya mengalami gejala yang memburuk dengan cepat. Umumnya akan membutuhkan waktu 6-24 jam bagi kondisi asma biasa untuk berkembang menjadi asma parah.

Selain sesak dada | sulit bernapas | dan mengi yang kian memburuk tanda-tanda lain serangan asma parah adalah adanya penurunan arus puncak ekspirasi sulit bicara , gelisah, bibir dan kuku yang terlihat biru, denyut nadi meningkat, serta inhaler (obat hirup untuk asma) pereda yang tidak mempan lagi dalam mengatasi gejala.


Jangan abaikan jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut. Sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter.
Berikut ini beberapa penyebab penyakit asma diantara lain adalah sebagai berikut:

Bawaan atau Turunan
penyakit asma merupakan penyakit turunan. Jika dikeluarga kita memiliki riwayat penyakit asma, maka tidak menutup kemungkinan Anda atau anak anda juga akan mengidap penyakit tersebut Jadi perlu diketahui kalau penyakit asma itu tidak menular melainkan penyakit turunan.
Oleh karena itu, jika Anda sudah mengetahui kalau diriwayat keluarga kita ada yang mengidap penyakit asma, maka segeralah untuk mengambil tindakan untuk mengobati penyakit asma ini dengan cara berkonsultasi pada dokter spesialis.

Faktor Lingkungan
Lingkungan yang kotor yang dipenuhi dengan debu dan asap merupakan awal dari timbulnya penyakit asma. Debu yang terdapat dirumah maupun ditempat umum lainnya adalah penyebab terjadinya penyakit asma, begitu halnya dengan asap rokok asap kendaraan dan asap-asap lainnya, kesemuanya itu merupakan faktor terjadinya penyakit asma.

Oleh karena itu dianjurkan untuk senantiasa menjaga pola hidup yang sehat. Membersihkan rumah dari debu sesering mungkin dan sebisa mungkin menghindarkan anak dari benda-benda yang mudah pencetus alergi seperti boneka yang berbulu halus maupun bantal atau kasur dari kapok.

Faktor Makanan
Makanan juga menyebabkan timbulnya penyakit asma. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan penyakit asma dan perlu untuk dihindari diantaranya adalah makanan junk food yang memiliki kadar MSG dan pengawet yang tinggi, minuman es atau dingin, kacang dan coklat yang mengandung allergen begitu juga dengan kacang tanah.

Udara Dingin
Cuaca suhu dingin juga merupakan faktor timbulnya penyakit asma. Penggunaan AC dengan suhu dan serta cuaca dingin didaerah pegunungan bisa menyebabkan terjadinya penyakit asma

Pengobatan Asma Secara Tradisonal
Selain dengan Metode pengobatan medis, penyakit asma juga bisa disembuhkan dengan macam macam ramuan tradisional. Berikut ini ramuan tradisional untuk mengobati penyakit asma anda bisa mencoba salah satu nya .

Bunga Kenanga Kering
Bahan Bahan :
3 kuntum bunga kenanga kering 
200 cc air.

Cara pengobatan:
Bunga kenangan kering diseduh dengan 200cc air yang mendidih, kemudian tutup rapat. Setelah agak dingin airnya diminum sekaligus. Minum ramuan ini secara teratur setiap hari.

Buah Cermai
Bahan Bahan : 
6 biji buah ciremai
2 siung bawang merah
1/4 genggam akar kara
8 buah lengkeng
2 gelas air.

Cara pengobatan: 
Cuci bersih buah lengkeng, lalu ditumbuk dengan semua bahan yang lain. Kemudian, rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Setelah dingin airnya disaring dan diminum.

Daun Ki tolod
Bahan Bahan :
2 lembar daun ki tolod
2 gelas air.

Cara pengobatan: 
Daun ki tolod dicuci bersih kemudian direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. 
Setelah dingin airnya disaring dan diminum. 
Lakukan pengobatan ini dua kali sehari setiap pagi dan sore

Kencur
Bahan bahan :
Kencur secukupnya
2 sendok makan Madu murni
1 butir telur ayam kampung
1/4 Jerik nipis

Cara pembuatan :
Kencur dicuci bersih lalu parut dan peras airnya. Hasil perasannya dicampur madu dan telur ayam dan jangan lupa campur juga perasan jeruk nipis lalu aduk sampai semuanya benar benar tercampur Minum ramuan tersebut pada sore dan malam menjelang tidur.

4 Responses to "Bahaya Penyakit Asma"

  1. info yang sangat bermanfaat dan membantu makasih bang,

    BalasHapus
  2. Artikelnya keren dan bermanfaat bagi banyak orang,,,di klik juga ya Artikel kesehatan terbaru

    BalasHapus
  3. artikel yang bagus mas...sememanganya penyakit asma itu sangat bahaya. apatah lagi jika penyakit asma ini terkena pada bayi atau kanak-kanak.

    BalasHapus