Manfaat Buah Delima

Manfaat Buah Delima

Sehat Itu Penting | Sumber utama manfaat delima berasal dari kandungan antioksidan, terutama senyawa ellagitannin seperti punicalagins dan punicalins. yang mencapai sekitar setengah dari kemampuan antioksidan buah delima itu.
Ini juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C antioksidan, dengan satu buah delima menyediakan sekitar 40 persen untuk kebutuhan harian bagi vitamin satu ini.


















Delima mengandung tiga jenis polifenol antioksidan, termasuk tanin, anthocyanin, dan asam ellagic, dalam jumlah yang banyak. Antioksidan adalah cara alami untuk memberikan sel-sel Anda dengan pertahanan yang memadai terhadap serangan oleh spesies oksigen reaktif (ROS).

Selama Anda memiliki ini mikronutrien penting, tubuh Anda akan mampu melawan kerusakan sel dan penuaan yang disebabkan oleh paparan sehari-hari Anda untuk polutan.

Jika Anda tidak memiliki cukup pasokan antioksidan untuk membantu menetralisir radikal bebas, maka Anda bisa berada pada resiko stres oksidatif, yang mengarah ke jaringan dan kerusakan organ. Antioksidan juga dapat membantu menurunkan peradangan kronis dalam tubuh.


KANDUNGAN GIZI DALAM BUAH DELIMA

Selain kandungan vitamin A, C dan E, dan asam folik yang sudah terkenal manfaatnya, berikut beberapa zat aktif yang terkandung dalam buah delima yang menjadikan buah ini sarat akan manfaat.


1. Zat Tanin Buah Delima Bermanfaat Bagi Pencernaan

2. Zat Kalium Buah Delima Bermanfaat Bagi Jantung

3. Zat Antioksidan Buah Delima Bermanfaat Bagi Sel-sel Dalam Tubuh


MANFAAT BUAH DELIMA


1. Untuk Kecantikan
Menjaga Kesehatan Kulit  Kolagen adalah komponen dasar kulit, yang menjamin kulit agar tetap lembut, halus dan kencang. Senyawa tertentu dalam buah delima akan menghentikan enzim yang menghambat kolagen, sehingga kesehatan kulit akan selalu terjaga. Hal ini juga membantu pertumbuhan fibroplasts, yaitu sel-sel yang memproduksi elastin dan serat untuk kulit agar tetap halus dan lentur. Selain itu, buah ini juga merangsang proliferasi keratinosit , sel-sel yang membentuk lapisan terluar dari kulit. Peningkatan jumlah sel-sel akan memungkinkan kulit untuk memperbaiki diri dengan lebih baik.

Bermanfaat untuk Kulit Kering 
Struktur molekul delima yang kecil memungkinkannya untuk menembus kedalam kulit, sehingga efektif untuk mengobati masalah kulit kering. Delima memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit kerin , pecah-pecah dan iritasi karena mengandung asam punicic (asam lemak omega5 , yang mencegah hilangnya kelembaban)

Anti penuaan dini
Delima memiliki sifat anti penuaan, sehingga bisa membantu meremajakan kulit kembali secara internal maupun eksternal. Jus buah delima bermanfaat untuk kulit yang rusak karena paparan UV sinar matahari maupun akibat proses penuaan. Minyak biji delima akan membantu memperkuat lapisan epidermis, yang akan mengurangi atau menunda kulit keriput. Buah delima akan memperbaiki kerusakan kulit, sehingga kulit halus dan awet muda. Juga akan memperpanjang umur fibroplasts, yaitu sel yang ikut dalam memproduksi kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin menunjang kulit agar memiliki elastisitas, sehingga tetap awet muda dan meminimalkan terjadinya keriput.

Perlindungan kulit dari sinar matahari
Buah delima adalah cara bagus untuk melawan efek sinar matahari yang bersifat merusak kulit. Hal ini karena delima mengandung antioksidan yang penting untu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat radikal bebas. dengan demikian akan mencegah kanker kulit, menghilangkan tanda kulit terbakar, dan mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit lain akibat sinar matahari. Minyak biji delima bisa memberikan perlindungan terhadap kanker kulit, karena ia mengandung banyak asam ellagic, yaitu antioksidan polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker kulit.


2. Manfaat Untuk Kesehatan

Menghilangkan Radikal Bebas.
Tingginya kadar antioksidan seperti tanin terhidrolisis atau polifenol dalam buah delima membantu mengurangi efek radikal bebas dan mengeluarkan radikal bebas dari tubuh.

Melindunginya Kesehatan Kardiovaskular( penyakit jantung )
Jus buah delima dapat berfungsi sebagai pengencer darah dan membantu menghilangkan plak dari arteri yang akan membantu untuk meminimalkan risiko aterosklerosis. Mengkonsumsi jus buah delima dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko masalah kardiovaskular.

Melawan Kanker. 
Antioksidan dalam buah delima efektif dalam menyingkirkan beberapa jenis kanker, termasuk payudara, prostat, dan kanker kulit.

Meningkatkan Kualitas Tulang
Penghambat enzim dalam jus delima dapat membantu mencegah kerusakan tulang rawan. Hal ini juga dapat membantu untuk mengontrol degenerasi tulang rawan untuk mencegah osteoarthritis.

Melancarkan Pencernaan
Jus buah delima membantu untuk mensekresikan enzim dengan sifat anti-bakteri yang membantu pencernaan dan mencegah wasir, mual, disentri, parasit usus, dan diare. Anda juga dapat menggunakan jus delima sebagai pencahar untuk mengobati sembelit.

Meningkatkan nafsu makan
jika kamu kehilangan nafsu makan,maka konsumsilah buah delima buah ini sangat cocok untuk anak anak yang kurang nafsu makan

Menyembuhkan Anemia 
Jumlah yang tinggi zat besi dalam buah delima akan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah Anda .

Mengurangi Peradangan
Sifat anti-inflamasi untuk buah delima berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi yang akan membantu untuk mengelola asma, sakit tenggorokan, batuk dan mengi.

Menstabilkan Sirkulasi Darah
Delima sering digunakan untuk membantu meringankan pembekuan darah, Membantu menurunkan berat badan. Orang-orang menemukan bahwa buah delima memiliki zat alami yang membantu Anda dengan energi tambahan dan membersihkan tubuh, sehingga lebih mudah untuk menurunkan berat badan.


3. Manfaat lebih untuk Pria
Menurunan Risiko Impotensi. Mereka yang memiliki risiko kanker prostat, impotensi atau aterosklerosis dapat mengkonsumsi jus delima untuk mengurangi risiko tersebut. Antioksidan tinggi akan membantu untuk mencegah arteriosclerosis yang dapat menyebabkan impotensi dan meningkatkan risiko kanker prostat.

Mengobati Kanker Prostat. Mengkonsumsi buah delima diketahui dapat mengurangi prostate specific antigen dalam uji klinis. Penelitian ini sedang berlangsung untuk melihat apakah buah delima dapat digunakan untuk mengobati orang yang sudah lokal kanker prostat. Selama uji coba ini jus itu ditemukan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan menurunkan risiko untuk metastasizing. Phytochemical yang tinggi dalam jus tampaknya memiliki efek yang berbeda untuk menstabilkan pertumbuhan PSA pada pria.



4. Manfaat Lebih bagi Wanita
Membantu dalam Kehamilan.Buah delima Melindungi otak bayi semasa kelahiran dalam Sebuah kajian dalam Pediatric Research menyatakan dengan hanya minum jus buah delima selama kehamilan dapat membantu melindungi otak bayi yang baru lahir.

Jus buah delima dapat melahirkan anak yang sihat dan cerdas., Bagi ibu yang mengandung Buah delima merupakan buah terbaik untuk dimakan kerana ianya kaya dengan kandungan asid folik yang tinggi yang dapat mencegah kecacatan tiub saraf yang menyebabkan kerosakan pada sumsum tulang belakang dan langit-langit bibir sumbing pada bayi.

Jus buah delima juga dapat mengelakkan kejang kaki yang biasa dihadapi oleh wanita hamil.
Menghambat Kanker Payudara. Studi telah menemukan bahwa ellagitannins dalam jus delima akan mencegah sel-sel kanker payudara estrogen responsif dari tumbuh. Fitokimia ini menghambat aromatase yang digunakan untuk membuat estrogen, meningkatkan risiko kanker payudara.

1 Response to "Manfaat Buah Delima "